Sabtu, 20 April 2013

IKHLASLAH, MAKA SEMUA AKAN TERASA RINGAN!



Ikhlas adalah suatu kata yang simpel namun butuh kesungguhan dalam pelaksanaannya. Berbuat ikhlas itu memang tidak gampang. Ikhlas akan hadir disaat kita tidak mengharapkan imbalan terhadap perbuatan yang kita lakukan, saat kita tidak menjadikan suatu perbuatan menjadi ria. Ikhlas datang disaat kita melakukannya dengan senang hati dan hanya mengharap ridha Allah SWT.

Ikhlas mungkin suatu kata yang seringkali kita dengar bahkan kita katakan. Saat seseorang kehilangan sebuah barang, kita sering berkata ikhlaskan saja. Atau bahkan kata-kata seperti bekerjalah dengan ikhlas.

Ikhlas memang mudah untuk dikatakan, tapi untuk pelaksanaannya sangatlah sulit. Apalagi disuruh ikhlas disaat hati sedang galau, lagi banyak pikiran, capek sehabis kuliah yang padat, tugas-tugas menumpuk, pekerjaan dalam organisasi yang ngejar deadline. Alias mood dalam level : “senggol bacok!!”

Disaat kita mengalami hal itu, pasti yang ada hanya jengkel, malas, stress.

Mungkin pernah kita mengalami disaat kita sudah bekerja dan berusaha mugkin juga belajar dengan giat, tapi hasil yang dapatkan belum memuaskan hasil. Seringkali kita menyalahkan diri sendiri, orang lain, bahan Tuhan sekalipun. Namun, saat itulah keikhlasan kita dalam menerima semua hal itu sedang diuji. Mungkin Allah punya rencana yang lebih indah dari apa yang kita rencanakan.

“Ikhlaslah, maka semua akan terasa ringan!” Kata-kata ini benar-benar suatu hal yang ajaib, bahkan melebihi sebuah mantra-mantra dukun ternama sekalipun. Saat kita mencoba melakukan sesuatu dengan ikhlas, entah kenapa semua menjadi ringan, tanpa ada beban. Hati menjadi lapang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar