Selasa, 07 Juni 2011

TIPS MENCARI TEMPAT KOSAN YANG BAIK, menurut ane….!!

 
 
Buat adek-adek yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan jauh dari daerah asal udah pasti nge-kost ato numpang jadi benalu di rumah sodara..
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicampakkan diaplikasikan buat milih rumah kost yang baik..


Cekiidooooott………!!!!

1.       Jarak kampus-kosan dekat, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Jangan cari kosan yang pake ongkos a.k.a naik angkot/bus, yang namanya kosan itu kan buat penghematan, kalo lagi bokek dan ngga bisa jajan di kampus, mending pulang ke kosan buat makan. Trus, kalo bisa tu WI-FI kampaus nyampe ke kamar di kosan. Biar gampang nyari tugas+online gratis tis tis!! Jadi ga perlu beli modem deehh.

2.       Usahain di sekitar tempat kosan banyak yang satu jurusan, biar gampang copy-paste bikin tugas dan  numpang makan belajar bareng ama temen2.


3.       Lebih baik cari rumah kosan di kompleks perumahan. Jadi, kalo ada kegiatan di kampus sampe malam , pulangnya ga takut.

4.       Kosan sebaiknya ada ibuk kostnya, terutama bagi yang cewek. Biar lebih aman, dan kalo ada masalah ama listrik, air, dll bisa lapor langsung. Jangan lupa jaga attitude sama ibuk kostnya, anggap kaya ortu sendiri, kalo udah gitu ibuk kost bakal perhatian banget ama kita, dan bisa dapat lauk gratis buat makan.. hehehehehehe.


5.       Sebelum ijab-kabul antara pemilik kosan dengan anak kos, sebaiknya tanya dulu hal berikut::>
-          Harga kosan, sesuaikan dengan keuangan ortu. Jangan egois, biaya kuliah ga murah.
-          Cara pembayarannya gimana? Bayar listrik ama air gimana? Di beberapa kosan temen ane, listrik ama air bayar sendiri2. Biasanya ada yang per tahun, per 6 bulan, dan perbulan. Kalo di tempat kos ane, buat tahun pertama nge-kost bayarnya per tahun, ntar kalo udah masuk tahun kedua bayar per 6 bulan.
-          Airnya lancar ngga?? Emang mau ngga mandi pergi kuliah..hahaha
-          Listrik sering mati ngga??
-          Sekamar berapa orang? Mending pilih 1 kamar max 2 orang. Biar belajarnya nyaman. Kita kuliah kan buat belajar, kalo mau nyari teman cukup masuk organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di kampus aja.
-          Peralatan di kamar yang udah disediain apa aja (mis: lemari, tempat tidur, meja belajar, dll)?? 


6.       Perhatiin lingkungan sekitar rumah kosan yang akan ditempati, usahain lingkungan nya nyaman dan tenang buat belajar. Yang namanya kuliah kan mesti belajar ya kan????

7.       Khusus bagi yang Muslim (Beragama Islam), usahain cari kost-an yang deket mesjid ato mushalla. Biar bisa shalat berjamaah ke mesjid dan sekalian bisa ngingatin waktu shalat, supaya shalatnya tepat waktu dan nggak lalai..


Naaah, itulah beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat.. selamat mencari tempat kosan idaman..hehehehhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar